Langsung ke konten utama

Evernote aplikasi andalan, nulis kapan saja dan di mana saja .....

Dulu saya menulis dan mengumpulkan semua catatan saya di Microsoft OneNote. Sebuah aplikasi bawa’an Microsoft Office 2007. Masih ter-data di sana bahwa tulisan pertama saya di tulis pada tanggal 18 Oktober 2007. Ya, memang sudah lama sekali. Dulu, di aplikasi Microsoft OneNote tersebut saya tidak hanya bisa menyimpan dan mengedit tulisan saya, namun saya juga bisa menyisipkan sebuah foto, menyisipkan link, documen dan lain-lainnya, layaknya tampilan sebuah blog.
Seiring berjalannya waktu dan teknologi yang mulai berangsur-angsur membuat hidup manusia menjadi lebih mudah dengan teknologi Mobile dan Cloud, saya mengeluhkan karena tidak bisa membawa semua catatan di komputer saya tersebut untuk saya access dan bisa saya baca dan meng-edit-nya di perangkat bergerak (handphone) dimanapun saya berada.
Karena mengingankan suatu perubahan tentang bagaimana cara saya meng-organisir semua catatan itu, kemudian saat itu saya searching over to the internet, mencari suatu software yang dapat men-sync-kronisasi antara catatan di komputer saya sehingga catatan tersebut bisa saya baca di handphone. Dan akhirnya saya menemukan sebuah software pencatatan bernama Evernote yang dapat di install pada komputer Windows atau Mac.
Bahkan menurut saya software ini bahkan memiliki fasilitas yang lebih baik dari Microsoft OneNote (software pencatatan yang dulu pernah saya pakai). Dan kabar gembiranya, Evernote dapat di download secara gratis. Kemudian dari situlah saya mulai bermigrasi dari OneNote ke Evernote.
Dan, dari sinilah saya akan memulai Tutorial singkat tentang Evernote dan apa itu Evernote yang akan saya bagikan kepada Anda semua. Sebuah software untuk membuat catatan di PC atau di Handphone Anda.
Karena Evernote dapat membantu saya mencatat semua momen, inspirasi, ide, pengalaman atau apapun yang saya inginkan, di saat itu juga.
Pertama, buatlah akun Evernote kamu melalui tautan ini.
Setelah kamu selesai membuat akun Evernote, kamu bisa download software nya untuk Windows atau Mac di www.evernote.com/download , file nya kurang lebih 60 MB.
Evernote-Rember-Everything-and-Anything
Untuk pilihan download lain seperti Evernote for Mac, Evernote Web Clipper dan lain-lainnya Anda bisa mengunjungi tautan berikut :
http://evernote.com/products/
Setelah software Evernote tadi selesai di download, di install dan Anda telah memasukkan Username dan Password, seperti inilah kira-kira tampilan Evernote for Windows (dalam satu halaman penuh)

Apa sih kelebihan Evernote ?

Mengapa saya mau menghabiskan waktu saya untuk me-review dan memberikan “2 jempol” untuk evernote di blog saya ? Apakah saya di bayar oleh evernote ? Tentu saja tidak.  Pada artikel kali ini adalah murni pengalaman pribadi saya bersama Evernote.
This is just a review by a happy user.
Langsung saja, kelebihan evernote di banding software lainnya adalah sebagai berikut :
  1. Mungkin fasilitas ini tidak terlalu penting bagi Anda. Tapi yang saya suka pertama kali dari evernote adalah saya dapat meng-import semua catatan lama saya dari Microsoft OneNote ke Catatan saya yang baru di Evernote.
Import OneNote to Evernote
  1. Kelebihan evernote yang lainnya adalah : Saat saya sedang jalan-jalan di Jogja, main-main di Jakarta, berlibur ke Hongkong, mudik ke Irlandia ataupun di belahan dunia manapun saya berada, saya tetap dapat membaca catatan-catatan saya di evernote. Saya cukup mengetikkan alamat www.evernote.com lalu klik Sign In.
    Sign In to Evernote
    Dan setelah Sign in Anda dapat mulai membaca catatan-catatan Anda dengan tampilan yang mirip dengan software evernote for Windows.
  2. Setiap saya browsing di internet dan menemukan hal-hal menarik untuk saya simpan dan kemudian saya baca di kemudian hari, maka saya tinggal klik logo evernote (berupa gajah berwarna hijau) di web browser favorite saya, yaitu Google Chrome, dan dia akan menyimpan tulisan di halaman tersebut ke evernote agar dapat saya baca di kemudian hari apabila saya sedang tidak sibuk.
    Evernote Web Clipper
    Kemudian saya browsing lagi.. dan.. hey.. saya menemukan halaman menarik lainnya. Seperti biasa, saya akan memencet tombol gajah berwarna hijau itu. Dan begitulah seterusnya.
    Saat saya akan berhenti untuk beraktifitas online, saya akan membuka Evernote yang sudah saya install di Windows saya tadi. Mungkin anda akan menemukan icon evernote di Taskbar, tapi saya lebih suka menggunakan shorcuts Win+Shift+F.
    Everote on Taskbar
    Kemudian setelah terbuka, saya tinggal klik Sync (Agar semua tulisan saya yang baru ter-singkronisasi dari server evernote ke device/software Anda). Lalu kemudian saya mematikan koneksi internet (ini hanya di lakukan jika saya sedang tidak memiliki koneksi internet unlimited). Tidak dimatikan koneksi internet nya juga tidak apa-apa. Toh semua sudah tersimpan di software evernote Anda di Windows dan bisa di baca secara offline setelah Anda melakukan Sync.
    Evernote Sync

  3. Kelebihan evernote apalagi ya ? Hmm.. oh iya, ada aplikasi Evernote untuk Smartphone. Seperti iPhone, Android, Windows Phone 7, dan lain-lain. Dan.. oh iya, Evernote for Blackberry juga ada lho (meskipun saya tidak menganggap nya sebagai sebuah Smartphone. I don’t like BB and don’t ask me why.) :mrgreen:
    Evernote compatible device
    Nah setelah meng-install aplikasi tersebut di Smartphone Anda, kini Anda bisa membaca catatan Evernote yang ada di komputer Anda yang ada di rumah kapanpun dan kemanapun Anda berada dalam genggaman. Hidup itu indah ya.. Alhamdulilliah sesuatu..

    Screenshot Evernote for iPhone :


    Screenshot Evernote for iPhone

    Screenshot Evernote for Android :

    Screenshot Evernote for Android
    Hmm.. Anda yang tidak memiliki Smartphone, jangan berkecil hati. Anda masih dapat meng-akses evernote dimanapun anda berada melalui web browser Evernote.com , misal membuka nya di laptop teman, di warnet ataupun dimana saja anda berada selama di sana ada koneksi internet.
  4. Selain dapat menyimpan tulisan, Anda juga bisa menyimpan gambar, foto, file PDF, file audiodan juga file-file lainnya. Semua catatan Anda di lindungi dengan suatu enkripsi SSL yang akan menjamin keamanan semua data catatan Anda.
  5. Anda juga bisa mencari note Anda dengan lebih mudah. Karena evernote juga bisa menemukan teks yang ada pada gambar Anda.
  6. Dan, oh.. di antara Anda ternyata ada yang sudah meng-install Evernote for Windows.. tapi masih bingung mau di isi apa. Ok, saya akan beri sedikit inspirasi untuk Anda :
    Buka folder-folder di Windows Explorer komputer Anda, cari kira-kira catatan penting apa yang sering Anda akses. Buka file tersebut, Copy, lalu Paste ke Evernote.
    Atau mungkin Anda ingin menulis draft Blog Anda, Resep masakan, Diary, Catatan perjalanan, Pengeluaran dan pemasukan bulanan, Jadwal kegiatan Anda seminggu ke depan, Jadwal pertandingan sepakbola untuk minggu ini, Alamat rumah teman-teman masa SMA Anda, Tugas-tugas kuliah atau pekerjaaan Anda, Menulis catatan berbagai jadwal kegiatan Anda untuk memanage waktu kerja Anda agar lebih efektif, Mencatat list barang-barang apa yang ingin Anda beli bulan ini, atau Menyimpan semua username dan password yang anda gunakan untuk mengakses media sosial (menurut saya inilah yang terpenting, karena saya orangnya pelupa).
    Semua terserah Anda, tinggal Anda kembangkan sendiri catatan apa yang ingin Anda buat. Dan Anda akan mengingatnya semua.
    Seperti slogan evernote : Remember Everything.
    Mungkin Anda sedang mengalami hari yang berat, Tapi setelah menggunakan evernote.. Percayalah, Hidup Anda akan terasa lebih mudah.
Evernote sendiri mempunyai dua versi, yaitu versi Premium ($5 setiap bulan) dan versi FREE. Versi yang premium tentu memliki fitur yang lebih banyak. Meskipun begitu, versi yang free saja menurut saya sudah memenuhi kebutuhan saya. Dan yang tidak kalah penting nya adalah : Saya tidak perlu membayar !
Untuk sekedar mengetahui apa perbedaan antara fitur Premium dan fitur FREE dari evernote bisa Anda lihat pada tautan berikut ini :
www.evernote.com/about/premium
Preview video Evernote
Masih banyak hal yang ingin saya sampaikan di Tutorial Evernote ini. Mungkin saya akan meng-update halaman ini kapan-kapan. Buatlah hidupmu menjadi lebih mudah dengan mempelajari sesuatu yang baru untuk menunjang produktifitasmu. Oh iya, jangan lupa yah.. kamu perlu membuat akun Evernote terlebih dahulu melalui tautan ini, FREE kok.
Semoga bermanfaat, teman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-prisip Desain Tipografi

Desain Tipografi Dalam suatu karya desain, semua elemen yang ada pada void (ruang tempat elemen - elemen desain disusun) saling berkaitan. Tipografi sebagai salah satu elemen desain juga mempengaruhi dan dipengaruhi oleh elemen desain yang lain, serta dapat mempengaruhi keberhasilan suatu karya desain secara keseluruhan. Penggunaan tipografi dalam desain komunikasi visual disebut desain tipografi.     Tulisan tangan adalah sederetan tanda - tanda yang mempunyai arti dan dibuat dengan tangan. Komponen dasar daripada tipografi adalah huruf (letterform), yang berkembang dari tulisan tangan (handwriting). Berdasarkan ini, maka dapat disimpulkan bahwa tipografi adalah sekumpulan tanda - tanda yang mempunyai arti. Penggunaan tanda - tanda tersebut baru dapat dikatakan sebagai desain tipografi apabila digunakan dengan mempertimbangkan grapic clarity dan prinsip - prinsip tipografi yang ada.     Ada empat buah prinsip pokok tipografi yang sangat mempengaruhi keberhasilan suatu desain tip

30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis

Inilah 30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis. Bingung dan mumet mencari-cari font-font bagus untuk kebutuhan  tipografi  desain korporasi bisnis kustomer anda? Ribuan font tersedia dari gratisan hingga berbayar. Memang mendesain untuk kebutuhan perusahaan atau industri bisnis yang meliputi identity branding hingga produk memang membutuhkan kerja keras, waktu dan kesabaran.  Pun demikian halnya akan elemen-elem desain yang berkualitas sebagai bahan desainh terhadap perusahaan dan industri bisnis. Bentuk penulisan atau typeface yang baik, cantik dan elegan bukan merupakan hal mudah untuk diinspirasikan.  Sedikit sekali font-font yang gratisan bisa ngefek terhadap tampilan dan melahirkan nuansa profesional. Itupun dengan usaha/ proses desain yang teliti susah payah. Bekerja dengan hal gratisan dan berharap mendatangkan output desain korporasi yg apik seolah kita para desainer grafis bekerja hingga otak ini dipaksa bekerja mendetail. 30 Font Tipografi Berkualitas

Modus Phising pada Situs Jejaringan Sosial (friendster/facebook)

Sudah tidak asing lagi di dunia internet sebuah layanan yang terkenal dijadikan sarana untuk melakukan tindakan kejahatan, salah satunya adalah phising. Dari dulu sampai sekarang sudah banyak kegiatan itu yang menggunakan layanan seperti facebook, friendster, tagged, myspace dll. Phising adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti posnel atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (’memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna, Phising juga didefinisikan sebagai sebuah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian