Langsung ke konten utama

5 Tren Desain Grafis Tahun 2017 yang Wajib Anda Ketahui

Pergantian tahun selalu diwarnai dengan munculnya tren baru dari berbagai industri, termasuk tren desain grafis. Pada tahun 2017 ini, industri desain grafis memiliki serangkaian tren tersendiri yang akan mendominasi hasil karya desainer. Sama seperti industri lain, beberapa tren industri grafis akan bertahan lama hingga tahun-tahun berikutnya dan beberapa lainnya tidak. Kira-kira apa saja tren desain grafis selama tahun 2017 ini?

1.  Warna Terang dan Berani 
Dulu, para pemimpin di industri teknologi cenderung bermain aman dengan menggunakan warna-warna netral pada desain mereka. Mereka berusaha menciptakan kesan yang “bersih” dan sleek. Namun, sejak Apple merilis desain baru yang jauh lebih berwarna pada iOS 7 mereka, banyak pihak mulai ikut hijrah mengikuti langkah Apple. Nah, pada tahun 2017 ini, penggunaan warna terang sepertinya masih akan terus diterapkan dalam menciptakan desain grafis. Salah satu pihak yang melakukan hal ini adalah Spotify, sebuah layanan streaming musik. Jika memilki akun di sana, Anda pasti sadar bahwa desain cover playlist yang mereka miliki meiliki warna-warna yang berani.

2. Tipografi yang Bold
Tipografi dengan huruf-huruf tebal dan berukuran besar merupakan salah satu metode paling populer dalam desain kontemporer. Hal tersebut tidak mengherankan karena desain tipografi yang bold mampu menarik perhatian pembaca dengan mudah. Terlebih, kini semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mobile untuk aktivitas sehari-hari. Dengan layar yang tidak sebesar laptop, ditambah kualitas HD yang semakin bagus, perangkat mobile membutuhkan konten dengan fonts yang bold agar para pengguna bisa menikmati desain secara jelas.

3. Gambar Ikon Semakin Tipis
 
Apabila warna dan tipografi menjadi semakin cerah dan bold pada tren desain grafis 2017 ini, maka gambar ikon justru menipis. Menggunakan garis-garis yang tipis, gambar ikon sangat mengandalkan penggunaan simbol untuk menyampaikan informasi. Hal ini berhasil dilakukan oleh Instagram. Pada bulan Mei 2016 lalu, Instagram mengubah logo mereka yang semula berbentuk kamera retro berwarna cokelat menjadi jauh lebih minimalis, dengan garis-garis berwarna putih dan background bernuansa pelangi yang akan mengingatkan Anda pada desain interface iOS 7 milik Apple.

4. Google Fonts 
Tahukah Anda bahwa Google menyediakan layanan font gratis untuk memudahkan penggunanya dalam menghasilkan desain menarik? Dengan mengakses http://www.google.com/fonts, Anda bisa memilih lebih dari delapan ratus jenis font yang disediakan. Penggunaan Google fonts diprediksi akan meningkat pada tahun 2017 ini karena karakter font yang cenderung timeless sehingga mudah dipadukan dengan font lain pada desain apapun. Google Fonts juga memiliki serangkaian perangkat yang memungkinkan Anda untuk menyaring pencarian font. Dengan begitu, Anda tidak harus menelusuri setiap halaman.

5. Menggunakan Foto Otentik 
Keaslian sebuah desain grafis tidak hanya ditentukan oleh kreativitas Anda, tetapi juga foto yang digunakan—apabila Anda memang menggunakannya. Lisensi creative common menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi demi menghindari isu hak cipta. Masalahnya, foto atau gambar dengan lisensi creative common sudah terlalu sering digunakan banyak orang. Karena hal tersebut, secara otomatis keaslian desain yang dihasilkan pun berkurang. Mengapa Anda tidak menggunakan foto yang diambil sendiri? Anda juga bisa merekrut seorang fotografer jika memiliki budget yang cukup. Atau tanyakan teman-teman Anda apabila mereka memiliki foto yang Anda butuhkan.

Seiring berjalannya waktu, tren desain grafis harus terus beradaptasi agar bisa memenuhi berbagai kebutuhan. Kelima tren di atas dapat membantu Anda untuk menciptakan desain yang up-to-date. Namun, jangan lupa untuk tetap memikirkan matang-matang pesan apa yang ingin disampaikan melalui pesan Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-prisip Desain Tipografi

Desain Tipografi Dalam suatu karya desain, semua elemen yang ada pada void (ruang tempat elemen - elemen desain disusun) saling berkaitan. Tipografi sebagai salah satu elemen desain juga mempengaruhi dan dipengaruhi oleh elemen desain yang lain, serta dapat mempengaruhi keberhasilan suatu karya desain secara keseluruhan. Penggunaan tipografi dalam desain komunikasi visual disebut desain tipografi.     Tulisan tangan adalah sederetan tanda - tanda yang mempunyai arti dan dibuat dengan tangan. Komponen dasar daripada tipografi adalah huruf (letterform), yang berkembang dari tulisan tangan (handwriting). Berdasarkan ini, maka dapat disimpulkan bahwa tipografi adalah sekumpulan tanda - tanda yang mempunyai arti. Penggunaan tanda - tanda tersebut baru dapat dikatakan sebagai desain tipografi apabila digunakan dengan mempertimbangkan grapic clarity dan prinsip - prinsip tipografi yang ada.     Ada empat buah prinsip pokok tipografi yang sangat mempengaruhi keberhasilan suatu desain tip

30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis

Inilah 30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis. Bingung dan mumet mencari-cari font-font bagus untuk kebutuhan  tipografi  desain korporasi bisnis kustomer anda? Ribuan font tersedia dari gratisan hingga berbayar. Memang mendesain untuk kebutuhan perusahaan atau industri bisnis yang meliputi identity branding hingga produk memang membutuhkan kerja keras, waktu dan kesabaran.  Pun demikian halnya akan elemen-elem desain yang berkualitas sebagai bahan desainh terhadap perusahaan dan industri bisnis. Bentuk penulisan atau typeface yang baik, cantik dan elegan bukan merupakan hal mudah untuk diinspirasikan.  Sedikit sekali font-font yang gratisan bisa ngefek terhadap tampilan dan melahirkan nuansa profesional. Itupun dengan usaha/ proses desain yang teliti susah payah. Bekerja dengan hal gratisan dan berharap mendatangkan output desain korporasi yg apik seolah kita para desainer grafis bekerja hingga otak ini dipaksa bekerja mendetail. 30 Font Tipografi Berkualitas

Modus Phising pada Situs Jejaringan Sosial (friendster/facebook)

Sudah tidak asing lagi di dunia internet sebuah layanan yang terkenal dijadikan sarana untuk melakukan tindakan kejahatan, salah satunya adalah phising. Dari dulu sampai sekarang sudah banyak kegiatan itu yang menggunakan layanan seperti facebook, friendster, tagged, myspace dll. Phising adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti posnel atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (’memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna, Phising juga didefinisikan sebagai sebuah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian