Langsung ke konten utama

Perkembangan desain grafis terkini

Jika kamu seorang Profesional Logo Design ataupun pemula sekalipun, tidak ada pilihan lain selain mengikuti trend terkini mengenai Design yang sedang hits. Sebagai seorang designer grafis tentunya memang harus selalu meluangkan waktunya sebentar untuk riset mengenai trend terkini mengenai contoh Design yang sedang berkembang. Teorinya seorang designer yang selalu up-to-date mengikuti trends, pastinya mempunyai hasil design yang unik. Jika design kita mempunyai ciri khas yang unik, timbal balik nya pasti ada saja beberapa Perusahaan yang tertarik untuk memakai jasa kita sebagai solusi branding perusahaannya.

1. Monoline

Dengan design Monoline, Logo yang dibuat akan lebih terlihat ‘iconic’ dibanding biasanya. Bisa kita lihat seperti emoji dan meme-meme yang beberapa tahun belakangan ini mencuri perhatian berbagai massa pengguna internet.
Monoline Design pic by 123rf

2. Negative Space

Menggunakan teknik Design Negative Space pada logo, memang harus punya skill penglihatan sudut pandang yang luas, apalagi design tersebut harus dibuat se-minimalis mungkin agar logo tersebut terlihat sangat unik dan tidak bisa ditebak maksudnya. Contoh bisa kita lihat pada logo FedEx, Carrefour dan gambar berikut.
Snake on Negative Space Design by logo123

3. Hand-Lettering

Hand Lettering Design beberapa tahun belakangan ini, punya trend yang lumayan ‘hype’. Teknik Typography dengan skill ‘tulisan-tangan’ ini sangat bisa kita temukan pada artwork dan menu list Cafe cafe yang punya ciri khas tema vintage dan retro. Selain itu bisa juga dijumpai pada custom Design kaos distro. Sangat tidak jarang pasti kita pernah menjumpai Hand Lettering Design tersebut.
Hand Lettering Design made with Tracing Manual Drawing

4. Shaded Design

Shaded Design sendiri merupakan contoh design modern yang menampilkan sedikit element bayang-bayang diantara lekukan logo yang dibuat. Logo yang diimplementasikan dengan gaya Shaded ini memang tergolong baru dan cukup stylish jika dilihat, sangat berpeluang sekali akan jadi trend di tahun 2016 mendatang.
Snowcatcher logo with Shaded Design

5. Dramatic Typography

Trend Design yang diprediksi pada tahun 2016 kebanyakan diimplementasikan terhadap Logo, namun tidak menutup kemungkinan Dramatic Typography ini bisa jadi salah satu ide brilliant untuk membuat Artwork yang unik. Typography dengan gaya Drama ini mempunyai maksud bahwa Typography tersebut dibuat karena ada nilai positif yang disampaikan. Entah style nya bisa dikombinasikan dengan Flat Design ataupun Vintage.
Dramatic Typography Design

6. Wordmarks Focusing

Para Designer di tahun yang akan datang sangat mungkin sekali pasti menemukan ide-ide brilliant yang unik dan fresh dalam membuat logo. Mungkin tantangan untuk membuat ide baru tersebut bisa datang dari para client ataupun dari eksperimen kombinasi beberapa teknik. Bisa dimulai dari mengutak atik nama sebuah brand terkenal, lalu kita lakukan redesign Logo tersebut tanpa menghilangkan Focus Wordmarks nya.
Wordmarks Focusing Design with variation style
Itulah beberapa prediksi Trend Design 2016 yang mungkin akan merajai pada tahun mendatang. Sebenarnya masih banyak sekian trend design yang mungkin bisa dibilang akan masih tetap ‘hype’ dijalurnya seperti ide Flat Design, Hexagons, dan Letter Stacks. Jadi siapkan dirimu, upgrade skillmu, dan bereksperimen tanpa henti.
Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-prisip Desain Tipografi

Desain Tipografi Dalam suatu karya desain, semua elemen yang ada pada void (ruang tempat elemen - elemen desain disusun) saling berkaitan. Tipografi sebagai salah satu elemen desain juga mempengaruhi dan dipengaruhi oleh elemen desain yang lain, serta dapat mempengaruhi keberhasilan suatu karya desain secara keseluruhan. Penggunaan tipografi dalam desain komunikasi visual disebut desain tipografi.     Tulisan tangan adalah sederetan tanda - tanda yang mempunyai arti dan dibuat dengan tangan. Komponen dasar daripada tipografi adalah huruf (letterform), yang berkembang dari tulisan tangan (handwriting). Berdasarkan ini, maka dapat disimpulkan bahwa tipografi adalah sekumpulan tanda - tanda yang mempunyai arti. Penggunaan tanda - tanda tersebut baru dapat dikatakan sebagai desain tipografi apabila digunakan dengan mempertimbangkan grapic clarity dan prinsip - prinsip tipografi yang ada.     Ada empat buah prinsip pokok tipografi yang sangat mempengaruhi keberhasilan suatu desain tip

30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis

Inilah 30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis. Bingung dan mumet mencari-cari font-font bagus untuk kebutuhan  tipografi  desain korporasi bisnis kustomer anda? Ribuan font tersedia dari gratisan hingga berbayar. Memang mendesain untuk kebutuhan perusahaan atau industri bisnis yang meliputi identity branding hingga produk memang membutuhkan kerja keras, waktu dan kesabaran.  Pun demikian halnya akan elemen-elem desain yang berkualitas sebagai bahan desainh terhadap perusahaan dan industri bisnis. Bentuk penulisan atau typeface yang baik, cantik dan elegan bukan merupakan hal mudah untuk diinspirasikan.  Sedikit sekali font-font yang gratisan bisa ngefek terhadap tampilan dan melahirkan nuansa profesional. Itupun dengan usaha/ proses desain yang teliti susah payah. Bekerja dengan hal gratisan dan berharap mendatangkan output desain korporasi yg apik seolah kita para desainer grafis bekerja hingga otak ini dipaksa bekerja mendetail. 30 Font Tipografi Berkualitas

Modus Phising pada Situs Jejaringan Sosial (friendster/facebook)

Sudah tidak asing lagi di dunia internet sebuah layanan yang terkenal dijadikan sarana untuk melakukan tindakan kejahatan, salah satunya adalah phising. Dari dulu sampai sekarang sudah banyak kegiatan itu yang menggunakan layanan seperti facebook, friendster, tagged, myspace dll. Phising adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti posnel atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (’memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna, Phising juga didefinisikan sebagai sebuah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian