Langsung ke konten utama

Trend Desain Web



Trend desain jarang dijangkau beberapa tahun, tetapi web desain adalah industri yang lebih cepat bergerak dan berubah di mana trend cepat datang dan pergi.
Kami masih bekerja dengan beberapa trend hari ini seperti responsive web design, flat design, performance dan speed dan menyemburnakan user experience. Apa saja trend yang baru dan muncul bisa kita harapkan di tahun ini?

1. Masih bereksperimen dengan navigasi dan menu
Para desainer masih akan bereksperimen dengan navigasi dan menu website. Namun akan ada perbedaan hal untuk mendapatkan hasil kerja yang baik dan berguna. Mereka mencari tahu cara terbaik untuk menampilkan bagian pending dari konten dan membuatnya bisa digunakan dengan device apapun.

2. Men-scroll atau tidak

Apakah dengan melakukan scroll dapat meningkatkan pembaca? Nah, di tahun ini beberapa situs akan menscroll pendek, sementara lainnya masih menggunakan scroll panjang.

Ada manfaat dan kekurangan di antara keduanya. Scroll panjang akan terasa alami dan lebih mudah daripada mengklik ke luar konten dan membuat lebih sulit untuk memindai untuk mencari info. Sementara scroll pendek memang lebih cepat tapi sering menyebabkan tingkat bouncing yang tinggi.

Saat ini ada situs dengan scroll lebih panjang dan ada scroll lebih pendek, tetapi hanya waktu yang dapat benar-benar menjelaskan mana yang terbaik untuk mengonsumsi konten.

3. Mendesain modul dan komponen bukan seluruh halaman
Web desain bergerak menuju desaub modul dan komponen bukannya mengejek seluruh layout dan komponen untuk halaman web tertentu. Komponen-komponen ini kadang melibatkan desain bagaimana fungsi search akan bekerja, bagaimana navigasi akan dilayout-out, dan lain-lain.

Kami sudah dewasa untuk mengetahui bahwa kita telah mengulangi elemen di layar yang berbeda, dan elemen ini butuh didesain keduanya jadi mereka dapat bekerja secara mandiri tapi tetap bisa bekerja dengan sisa situs.

Tidak hanya kita lebih peduli tentang bagaimana komponen ini terlihat dari segi desain, tetapi mereka semua membawa fungsi masing-masing dengan itu juga. Mendesain dengan komponen dan modul memungkinkan fungsi yang sama dapat direplikasi di mana pun itu muncul di situs.

4. Desain meneruskan flatten out
Responsive desain cukup mengambil alih web, diperkirakan flat desain akan terus mendominasi estetika desain di 2016. Tidak hanya website yang dilaunching dengan flat design, situs-situs juga sudah merangkul trend web desain menjadikan sesuatu terlihat lebih datar.

Ambil contoh logo Google. Perusahaan mengubah logo tersebut menjadi lebih datar dan mengubah huruf. Font lebih jelas dengan sans sherif logo membantu memotong ukuran file logo yang digunakan di situs lebih dari setengahnya. Google juga menemukan bahwa itu lebih mudah dibaca di device kecil.

Ini termasuk update logo, ikon, gambar, dan elemen lain yang tidak mendapatkan flattern penuh pada awalnya. Anda dapat berterima kasih kepada drive dan tekad untuk mendapatkan website kami untuk memuat lebih cepat dan snappier, beratnya kurang, dan mendapatkan konten untuk pemirsa secara lebih efektif.

5. Formulir dan input menjadi full-screen
Desain web responsif sejak setahun terakhir tak hanya dilakukan di seluruh situs bukan hanya di versi mobile. Tren ini juga dipengaruhi dari meluasnya adaptasi deswain website responif.
Banyak dan aplikasi bentuk full screen dan layar input berdasarkan eksis hanya dengan satu bagian kecil dari situs. Klik login atau kontak dan Anda mungkin akan disambut dengan overlay layar penuh dengan bentuk yang dibutuhkan bukan dikirim ke halaman yang berbeda. Ketika mengklik kontak Anda akan mendapatkan formulir dengan bentuk full screen.

Hal ini dibuat untuk beberapa alasan, misalnya memberikan ruang yang lebih untuk memudahkan jari bersentuhan dengan layar, mendorong pengguna untuk berhubungan dengan jari pada layar sentuh dan mendorong pengguna untuk mengisi form.

6. Pengguna lebih peduli tentang fungsi situs daripada kelihatannya
Memiliki situs desain yang bagus  menyenangkan. Tetapi itu tidak selalu menjadi masalah jika situs tidak berfungsi baik. Pengguna jadi memiliki kesadaran yang lebih tajam ketika sesuatu tidak berjalan dengan tepat pada sebuah website.

Ini menjadi lebih umum bagi pengguna untuk meninggalkan situs web karena mereka temui sesuatu yang tidak bekerja dengan baik bagi mereka. Bayangkan betapa buruk ini bisa untuk situs e-commerce?

Desainer ingin situs mereka terlihat baik, jadi penting bahwa mereka harus membuat fungsi situs sebaik mungkin. Berikan orang-orang apa yang mereka inginkan: fungsi dan desain.

7. Desainer mendesain di browser
Beberapa web desainer akhir-akhir mendesain hanya di browser. Ada keuntungan dari ini : memungkinkan Anda untuk melihat keterbatasan dan reaksi dari browser yang sebenarnya berkaitan dengan desain, dan lebih alami dari merancang sebuah program yang tidak ada hubungannya dengan Web.

Hal ini cukup umum untuk desainer Web tahu bagaimana kode setidaknya ujung depan situs (HTML / CSS / JS), sehingga mendesain dalam browser masuk akal bagi mereka. Dengan tren desain web bergerak keluar dari Photoshop, Illustrator, dan Sketch dan ke browser lagi, para desainer Web lain mulai akan bekerja pada HTML dan CSS chops mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-prisip Desain Tipografi

Desain Tipografi Dalam suatu karya desain, semua elemen yang ada pada void (ruang tempat elemen - elemen desain disusun) saling berkaitan. Tipografi sebagai salah satu elemen desain juga mempengaruhi dan dipengaruhi oleh elemen desain yang lain, serta dapat mempengaruhi keberhasilan suatu karya desain secara keseluruhan. Penggunaan tipografi dalam desain komunikasi visual disebut desain tipografi.     Tulisan tangan adalah sederetan tanda - tanda yang mempunyai arti dan dibuat dengan tangan. Komponen dasar daripada tipografi adalah huruf (letterform), yang berkembang dari tulisan tangan (handwriting). Berdasarkan ini, maka dapat disimpulkan bahwa tipografi adalah sekumpulan tanda - tanda yang mempunyai arti. Penggunaan tanda - tanda tersebut baru dapat dikatakan sebagai desain tipografi apabila digunakan dengan mempertimbangkan grapic clarity dan prinsip - prinsip tipografi yang ada.     Ada empat buah prinsip pokok tipografi yang sangat mempengaruhi keberhasilan suatu desain tip

30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis

Inilah 30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis. Bingung dan mumet mencari-cari font-font bagus untuk kebutuhan  tipografi  desain korporasi bisnis kustomer anda? Ribuan font tersedia dari gratisan hingga berbayar. Memang mendesain untuk kebutuhan perusahaan atau industri bisnis yang meliputi identity branding hingga produk memang membutuhkan kerja keras, waktu dan kesabaran.  Pun demikian halnya akan elemen-elem desain yang berkualitas sebagai bahan desainh terhadap perusahaan dan industri bisnis. Bentuk penulisan atau typeface yang baik, cantik dan elegan bukan merupakan hal mudah untuk diinspirasikan.  Sedikit sekali font-font yang gratisan bisa ngefek terhadap tampilan dan melahirkan nuansa profesional. Itupun dengan usaha/ proses desain yang teliti susah payah. Bekerja dengan hal gratisan dan berharap mendatangkan output desain korporasi yg apik seolah kita para desainer grafis bekerja hingga otak ini dipaksa bekerja mendetail. 30 Font Tipografi Berkualitas

Modus Phising pada Situs Jejaringan Sosial (friendster/facebook)

Sudah tidak asing lagi di dunia internet sebuah layanan yang terkenal dijadikan sarana untuk melakukan tindakan kejahatan, salah satunya adalah phising. Dari dulu sampai sekarang sudah banyak kegiatan itu yang menggunakan layanan seperti facebook, friendster, tagged, myspace dll. Phising adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti posnel atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (’memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna, Phising juga didefinisikan sebagai sebuah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian