Langsung ke konten utama

Tutorial CSS

1. Pengenalan CSS

CSS merupakan kepanjangan dari  Cascading  Style Sheet yaitu suatu dokumen yang digunakan untuk melakukan pengaturan halaman web.

Apa itu CSS :
CSS singkatan dari Cascading  Style Sheets
Styles didefinisikan bagaimana manampilkan elemen HTML Styles umumnya  disimpan ke dalam  Style Sheet
Styles ditambahkan HTML untuk membantu pekerjaan External Style Sheets dapat membantu banyak  pekerjaan ExternalStyle Sheet disimpan dalam  CSS files
Multiple Style dapat didefinisi banyak  jendela menjadi satu

Menggunakan CSS tidak memerlukan perangkat lunak  tertentu  karena merupakan script yang telah embeded  dengan  HTML.  Cukup   menggunakan  aplikasi   seperti  note  pad,  anda   sudah   mampu menciptakan script CSS sendiri

Style Sheets merupakan feature  yang  sangat  penting  dalam   membuat  Dynamic  HTML.  Meskipun bukan   merupakan  suatu  keharusan  dalam   membuat  web,  akan   tetapi  penggunaan style  sheets merupakan kelebihan tersendiri.

Suatu style sheet merupakan tempat dimana anda  mengontrol dan  memanage style-style yang ada. Style   sheet  mendeskripsikan bagaiman tampilan   document   HTML   di   layar.   Anda   juga  bias menyebutnya sebagai template dari documents HTML yang menggunakanya.

Anda juga bisa  membuat efek-efek sepsial  di web  anda  dengan menggunakan style sheet. Sebagai contoh anda  bisa membuat style sheet yang mendefinisikan style untuk "<H1>" dengan style bold dan italic  dan  berwarna biru. Atau pada   tag <P> yang  akan  di  tampilkan dengan warna   kuning  dan menggunakan font verdana dan masih banyak  lagi yang bias anda  lakukan  dengan style sheet.

Secara   teoritis anda   bisa  menggunakan  style  sheet technology  dengan HTML.  Akan  tetapi pada prakteknya hanya  Cascading  Style Sheet (CSS) technology yang  support pada  hampir  semua  web Browser.  Karena  CSS telah di  setandartkan  oleh   World  Wide  Web  Consortium  (W3C) untuk  di gunakan  di web browser.

Pada  perkembangannya CSS sudah  masuk  level  3 untuk  sekarang, dimana dimulai  CSS level  1 atau yang  sering  di  sebut CSS aja,  kemudian level  2  yang  merupakan penyempurnaan dari  CSS level sebelumnya, yaitu CSS level  1.

CSS merupakan alternatif bahasa pemrograman web  masa  yang  akan  datang,  dimana mempunyai banyak  keuntungan, diantaranya :
- Ukuran file lebih  kecil
- Load file lebih  cepat
- Dapat berkolaborasi dengan JavaScript
- Pasangan setia XHTML
- Menghemat pekerjaan tentunya, dimana hanya  membuat 1 halaman CSS.
- Mudah mengganti-ganti tampilan dengan hanya  merubah file CSS nya saja.
- Dan banyak  lagi yang lainnya.
                                                                                                              
2. Sintaks dari HTML
Penulisan kode CSS dibuat menjadi tiga bagian, yaitu:

selector { property1: value; property2:value, . . .} H1{ color:green; background-color:orange}

Ket:
1. Selector
Bagian pertama sebelum tanda “{}” disebut selector.Selector adalah tag html yang umumnya  kamu ketahui.
2. Declaration
Terdiri  dari  property  dan  nilainya.Property  adalah atribut yang kamu  ingin ubah  dan  tiap property mempunyai nilai/value.

Contoh:
1.     p {margin-left: 20px}
2.     P {font-family:”sans serif”}
3.     p {text-align:center;color:red}      
4.     body{ color:black}

Catatan:
Jangan ada  spasi antara property value  dengan unitnya(1).
Nama property bersifat case  sensitif dan menggunakan huruf  kecil.
Jika nilai /value lebih  dari satu kata, maka  gunakan  tanda petik di antara nilai(2)
Jika   property   lebih   dari   satu,  maka   gunakan   tanda  titik  koma   untuk  membatasi  property lain(3,5).
Jika  selector lebih  dari  dan  mempunyai property  dan  value  yang  sama  maka  gunakan   tanda koma(6).

Ada tiga cara penempatan kode CSS dalam HTML, yaitu :

1. Internal CSS
Yaitu menuliskan langsung  script CSS di file HTML-nya. Contoh :
2. External CSS
Yaitu memanggil file CSS dari tempat/folder/lokasi lain, dengan kata lain file CSS terpisah dengan file HTML. Browser akan membaca definisi  style dari file test.css dan akan mengikuti format tersebut.Eksternal style ditulis di text editor lain dengan ekstention .css Untuk lebih  jelasnya kita lihat contoh dibawah ini:
3. Inline CSS
Yaitu penulisan kode CSS dalam  tag HTML. Lihat contoh dibawah ini:

Class Selector

Dengan  class  selector dapat mendefinisikan perbedaan style  untuk  tag elemen html  yang  sama. Misalnya,  dua   type  paragraph dalam   dokumen.Yang  satu  paragraph align-right  dan   yang  satu paragraph align-center.
Contoh:

p.right {text-align: right}
p.center {text-align: center}
atau
.right {text-align: right}
.center {text-align: center}
Penggunaan atribut class di dalam dokumen html

<p class="right">
This paragraph will be right-aligned.
</p>
<p class="center">
This paragraph will be center-aligned.
</p>
Catatan:
Jangan memberi nama  class dengan angka.
Memberikan kata/kalimat lebih  dari satu class, penulisannya adalah:

<p class="center bold"> This is a paragraph.
</p>
                                                                                                               
Penggunaan Atribut ID dalam tag
Cara memberi nama ID :
Dapat mengandung huruf, angka, atau karakter garis bawah Karakter pertama harus  berupa huruf  atau karakter garis bawah Diawali dengan tanda #
Jangan memberi nama  id sama  dengan value
Jangan memberi nama  id dengan tag html kemudian diikuti tanda #

CSS Text Properties
Digunakan  untuk  mengontrol  tampilan  dari  teks, merubah warna   teks, penurunan atau kenaikan spasi antara teks, perataan teks, dekorasi teks, pengaturan teks dalam  baris  dan sebagianya.
Browser support: IE: Internet Explorer, F: Firefox, N: Netscape. Contoh:

CSS Klasifikasi Properties
Digunakan  untuk mengontrol bagaimana tampilan elemen, set dimana gambar, set dimana gambar dapat tampil di semua  elemen, posisi  elemen relative ke  dalam  normal, posisi  elemen digunakan dalam  nilai absolute , dan bagaimana mengontrol tampilan elemen.

Selengkapnya silahkan download:
1. Google Drive di sini
2. Dropbox di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-prisip Desain Tipografi

Desain Tipografi Dalam suatu karya desain, semua elemen yang ada pada void (ruang tempat elemen - elemen desain disusun) saling berkaitan. Tipografi sebagai salah satu elemen desain juga mempengaruhi dan dipengaruhi oleh elemen desain yang lain, serta dapat mempengaruhi keberhasilan suatu karya desain secara keseluruhan. Penggunaan tipografi dalam desain komunikasi visual disebut desain tipografi.     Tulisan tangan adalah sederetan tanda - tanda yang mempunyai arti dan dibuat dengan tangan. Komponen dasar daripada tipografi adalah huruf (letterform), yang berkembang dari tulisan tangan (handwriting). Berdasarkan ini, maka dapat disimpulkan bahwa tipografi adalah sekumpulan tanda - tanda yang mempunyai arti. Penggunaan tanda - tanda tersebut baru dapat dikatakan sebagai desain tipografi apabila digunakan dengan mempertimbangkan grapic clarity dan prinsip - prinsip tipografi yang ada.     Ada empat buah prinsip pokok tipografi yang sangat mempengaruhi keberhasilan suatu desain tip

30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis

Inilah 30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis. Bingung dan mumet mencari-cari font-font bagus untuk kebutuhan  tipografi  desain korporasi bisnis kustomer anda? Ribuan font tersedia dari gratisan hingga berbayar. Memang mendesain untuk kebutuhan perusahaan atau industri bisnis yang meliputi identity branding hingga produk memang membutuhkan kerja keras, waktu dan kesabaran.  Pun demikian halnya akan elemen-elem desain yang berkualitas sebagai bahan desainh terhadap perusahaan dan industri bisnis. Bentuk penulisan atau typeface yang baik, cantik dan elegan bukan merupakan hal mudah untuk diinspirasikan.  Sedikit sekali font-font yang gratisan bisa ngefek terhadap tampilan dan melahirkan nuansa profesional. Itupun dengan usaha/ proses desain yang teliti susah payah. Bekerja dengan hal gratisan dan berharap mendatangkan output desain korporasi yg apik seolah kita para desainer grafis bekerja hingga otak ini dipaksa bekerja mendetail. 30 Font Tipografi Berkualitas

Modus Phising pada Situs Jejaringan Sosial (friendster/facebook)

Sudah tidak asing lagi di dunia internet sebuah layanan yang terkenal dijadikan sarana untuk melakukan tindakan kejahatan, salah satunya adalah phising. Dari dulu sampai sekarang sudah banyak kegiatan itu yang menggunakan layanan seperti facebook, friendster, tagged, myspace dll. Phising adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti posnel atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (’memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna, Phising juga didefinisikan sebagai sebuah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian