Langsung ke konten utama

Take home - Redtatcton

RedTacton Sebagai Pengembangan Human Area Network

ugm.JPG


Abstrak

Walau sebagian besar masyarakat umum belum menyadarinya namun pada dasarnya saat ini kita telah berada di era ketiga dari revolusi komputer, yaitu era ubiquitous computing. Era di mana komputer dapat ditemukan di mana saja, di telepon seluler, toaster, mesin cuci, mesin game, bahkan pada kartu pintar (smart card). Bila pada era pertama dari revolusi komputer ditandai dengan komputer mainframe yang berukuran raksasa dan digunakan bersama-sama oleh banyak orang (one computer many people), era kedua ditandai dengan eksistensi dan perkembangan dari personal computer (one computer one person), maka pada era ketiga ini seseorang dalam kehidupannya sehari-hari dapat berinteraksi dengan banyak komputer (one person many computers).

Kata kunci : RedTacton, Ubiquitous, Human Area Network, Intrabody Commnuication


Daftar Isi

1. Pendahuluan 5

2. RedTacton 7

3. Cara kerja RedTacton 8

4. Mekanisme Komunikasi RedTacton 8

5. Human Area Network 9

6. Fitur Layanan RedTacton 10

6.1. Sentuhan 11

6.2. Broadband dan Interaktif 11

6.3. Media Lain 12

7. Bidang Aplikasi RedTacton 14

7.1. One to One Service 14

7.2. Intuitive Operation and Instant Private Data Exchange 14

7.3. Personalization 15

7.4. New Behavior Pattern 16

7.5. Security Application 17

7.6. Communication with New Domain 18

8. Perbandingan dengan Teknologi Jaringan Lain 18

9. Perbandingan dengan Teknologi Human Area Network 19

10. Kenyamanan Sistem 20


Daftar Gambar

Gambar 1, Konsep Awal RedTacton 7

Gambar 2, Cara Kerja RedTacton 8

Gambar 3, Mekanisme Komunikasi RedTacton 9

Gambar 4, Human Area Network 10

Gambar 5, Fitur Layanan RedTacton 10

Gambar 6, Touching 11

Gambar 7, Gripping 11

Gambar 8, Sitting Down 11

Gambar 9, Walking 11

Gambar 10, Wireless LAN 12

Gambar 11, RedTacton Area Network 12

Gambar 12, RedTacton dengan Media Besi Metal 13

Gambar 13, RedTacton dengan Media Kaca dan Dinding 13

Gambar 14, RedTacton dengan Media Air 13

Gambar 15, RedTacton dengan Media Kayu 13

Gambar 16, RedTacton dengan Media Body Kendaraan dan Ban 13

Gambar 17, RedTacton dengan Media Baju, Sepatu, Tas, dll 13

Gambar 18, Touch a Printer 14

Gambar 19, Instant Private Data Exchange 15

Gambar 20, Personalization of Mobilephone 16

Gambar 21, RedTacton Conferencing System 16

Gambar 22, User Verification Lock System 17

Gambar 23, Confidential Document Management 17

Gambar 24, Optical Communication 19

Gambar 25, RedTacton vs HAN 20

Gambar 26, System Safety 21


1. Pendahuluan

Kata ‘Ubiquitous’ menurut kamus Merriam-Webster bisa diartikan sebagai ‘ada di berbagai tempat dalam waktu yang sama’. Sehingga konsep ubiquitous computing, atau ubiquitous network itu mungkin bisa diterjemahkan secara sempit misalnya sebagai kemampuan akses ke sebuah jaringan (internet) di mana saja dan kapan saja.

Ubiquitous network pada abad 21 akan mengubah dengan cepat paradigma TI dengan mentransformasi industri IT dan bidang lainnya. Bidang seperti elektronika, mobil, pertunjukan, distribusi dan jasa akan berkembang lebih maju dalam operasinya dan akan menciptakan nilai tambah baru. Sebab transformasi ini akan membuka peluang dan meningkatkan pertumbuhan baru untuk industri ini. Pada ubiquitous network akan menawarkan banyak kelebihan sebagai berikut :

a. Ubiquitous network menyediakan jaringan akses pita lebar dengan kemampuan mobilitas.

b. Ubiquitous network memungkinkan untuk dapat berkomunukasi tidak hanya dengan computer tetapi juga mampu berhubungan dengan apapun, telepon bergerak, PDA, mesin game, sistem navigasi kendaraan, TV digital, RFID yang menempel pada obyek, kemera dan sebagainya.

c. Ubiquitous network memungkinkan penggunaan konten tidak hanya berupa data, teks dan gambar. Tetapi juga transmisi gambar animasi, suara dan video. Solusi yang memuaskan menekan kebutuhan para pemakai dan pemanfaatan platform yang menjamin pertukaran informasi dan implementasi transaksi komersil dengan aman.

Ubiquitous network akan berpotensi dalam menciptakan pasar dengan membuat layanan ubiquitous. Berbagai aplikasi dan layanan akan mudah diselengarakan dengan adanya ubiquitous network. Dari sisi perusahaan atau organisasi ubiquitous network berarti mempermudah dalam meningkatkan proses produksi, mempermudah pengelolaan asset dan membina hubungan dengan pelanggan. Bagi perorangan ubiquitous network berarti peningkatan kualitas hidup dan perubahan gaya hidup, ubiquitous network memungkinkan setiap orang dapat melakukan sesuatu secara otomatis, peningkatan keamanan dan peningkatan kualitas kesehatan.

Hari ini orang dapat berkomunikasi kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja melalui jaringan telepon selular. Selain itu, Internet memungkinkan orang men-download data dalam jumlah besar secara jarak jauh dari server ke komputer rumah mereka. Pada dasarnya, dua teknologi ini memungkinkan komunikasi antara terminal yang terletak di tempat yang jauh dari satu sama lain. Sementara itu, semua jenis perangkat elektronik termasuk personal digital assistant (PDA), pocket video game, dan kamera digital menjadi lebih kecil, sehingga orang dapat membawa atau bahkan menggunakan berbagai informasi pribadi dan peralatan komunikasi selama kegiatan sehari-hari mereka. Namun, layanan user-friendly yang ada di mana-mana melibatkan lebih dari sekedar jaringan antara terminal yang terletak dari jarak jauh. Komunikasi antar perangkat elektronik pada tubuh manusia (dapat dipakai sebagai komputer) dan yang tertanam dalam lingkungan kita sehari-hari. jadi ini telah mendorong penelitian untuk mengembangkan teknologi Human Area Network.

Koneksi menggunakan kabel antara perangkat elektronik dalam Human Area Network sangat rumit dan dapat dengan mudah menjadi jeratan bagi manusia itu sendiri. Jarak pendek sistem komunikasi nirkabel seperti Bluetooth dan jaringan area lokal nirkabel (IEEE 802.11b, dll) memiliki beberapa masalah. Throughput dikurangi oleh packet collisions dalam ruang penuh sesak seperti ruang pertemuan dan auditorium penuh dengan orang dan komunikasi tidak aman karena sinyal dapat disadap. Prinsip Kelemahan dari komunikasi inframerah (IrDA) adalah sinar langsung dari terminal yang diperlukan untuk sistem yang akan efektif. Solusi utama jaringan Human area network untuk semua mengatasi kendala pada teknologi konvensional adalah komunikasi “intrabody”, di mana tubuh manusia berfungsi sebagai media transmisi. Dalam layanan ubiquitous (yang berarti komunikasi antar perangkat elektronik yang tertanam di lingkungan di dekat orang), jika kita bisa menggunakan tubuh manusia itu sendiri sebagai media transmisi, maka ini akan menjadi cara ideal untuk mengimplementasikan jaringan daerah manusia karena akan memecahkan pada stroke semua masalah termasuk pengurangan throughput, keamanan rendah, dan biaya setup jaringan tinggi.

2. RedTacton

RedTacton adalah teknologi baru dalam sistem jaringan komputer yaitu Human Area Network yang menggunakan permukaan tubuh manusia secara aman menggunakan jalur transmisi jaringan dengan kecepatan tinggi. RedTacton menggunakan medan listrik yang dipancarkan di permukaan tubuh manusia. Secara teknis, itu benar-benar berbeda dari teknologi nirkabel dan inframerah. Sebuah jalur transmisi terbentuk pada saat bagian dari tubuh manusia terjadi kontak dengan RedTacton transceiver. Menggunakan RedTacton, komunikasi dimulai ketika terminal yang dilakukan oleh pengguna atau yang tertanam di perangkat yang terhubung dalam berbagai kombinasi gerakan fisik alami manusia. Komunikasi dimungkinkan menggunakan setiap permukaan tubuh manusia, seperti tangan, jari, tangan, kaki, wajah, kaki atau badan. RedTacton bekerja melalui sepatu dan juga pakaian.

Gambar 1, Konsep Awal RedTacton


c1-1.gif

3.
Cara kerja RedTacton

RedTacton dapat mencapai komunikasi dupleks atas tubuh manusia pada kecepatan maksimum 10 Mbps.

1. Para pemancar RedTacton menginduksi medan listrik yang lemah pada permukaan tubuh.

2. Medan listrik Sensor (transistor atau fotonik sensor medan listrik) mendeteksi medan listrik yang mencapai RedTacton penerima.

3. Sinyal diproses di sirkuit penerima dan data di-download.

c1-2.PNG

Gambar 2, Cara Kerja RedTacton

4. Mekanisme Komunikasi RedTacton

Pemancar mengirimkan data berdasarkan fluktuasi dalam medan listrik lemah diinduksi dalam tubuh. Medan listrik yang diterima menggunakan super-sensitif terhadap medan listrik teknologi penginderaan.


c1-3.gif

c1-4.gif

Gambar 3, Mekanisme Komunikasi RedTacton

o Para alami akibat medan listrik pada permukaan tubuh manusia menghilang ke dalam bumi. Therefore, this electric field is exceptionally faint and unstable. Oleh karena itu, medan listrik ini sangat lemah dan tidak stabil.

o Super sensitif dari sebuah medan listrik teknologi penginderaan mengukur medan listrik lemah disebabkan oleh super-efisien induksi medan listrik bolak-balik teknologi yang dikembangkan oleh NTT.

5. Human Area Network

Di samping WAN (Internet) dan LAN, ada aplikasi terbaik dilayani oleh Human Area Networks (Hans) yang menghubungkan meteran terakhir. http://www.redtacton.com/en/images/pix.gif

c1-5.gif

Gambar 4, Human Area Network

Masyarakat manusia sedang memasuki era komputasi ubiquitous, di mana segala sesutu terhubung dalam suatu jaringan. Dengan membuat Human Area Networks, RedTacton akan memungkinkan layanan ubiquitous didasarkan pada interaksi yang berpusat pada manusia dan karena itu lebih akrab dan lebih mudah bagi orang untuk menggunakan.

6. Fitur Layanan RedTacton

3 fitur redtacton.jpg

Gambar 5, Fitur Layanan RedTacton

6.1. Sentuhan

Menyentuh, menggenggam, duduk, berjalan, melangkah dan gerakan manusia lainnya dapat menjadi pemicu untuk unlocking atau mengunci, memulai atau menghentikan peralatan, atau memperoleh data.

Touching.gif

Gambar 6, Touching

Gripping.gif

Gambar 7, Gripping

Sittung down.gif

Gambar 8, Sitting Down

Walking.gif

Gambar 9, Walking

Menggunakan RedTacton, komunikasi dimulai ketika terminal dilakukan oleh pengguna atau tertanam di perangkat terhubung dalam berbagai kombinasi melalui kontak fisik sesuai dengan gerakan alami manusia.

6.2. Broadband dan Interaktif

Duplex, komunikasi interaktif mungkin pada kecepatan maksimum 10Mbps. Because the transmission path is on the surface of the body, transmission speed does not deteriorate in congested areas where many people are communicating at the same time. Karena jalur transmisi pada permukaan tubuh, kecepatan transmisi tidak memburuk di daerah padat di mana banyak orang yang berkomunikasi pada waktu yang sama. Maksimum kecepatan komunikasi mungkin lebih lambat dari 10Mbps tergantung pada lingkungan penggunaan.

WLAN.gif

Gambar 10, Wireless LAN

RedTacton Technology.gif

Gambar 11, RedTacton Area Network

Kecepatan komunikasi dapat memburuk dalam ruang penuh sesak karena kurangnya bandwidth.

Device driver dapat di-download langsung dan eksekusi program dapat dengan cepat dikirim.

Mengambil keuntungan dari kecepatan ini, device driver dapat di-download langsung dan menjalankan program dapat dikirim.

6.3. Media Lain

Selain tubuh manusia, berbagai konduktor dan dielektrik dapat digunakan sebagai media transmisi. Conductors and dielectrics may also be used in combination. Konduktor dan dielektrik juga dapat digunakan dalam kombinasi.

Metal.jpg

Gambar 12, RedTacton dengan Media Besi Metal

Glass.jpg

Gambar 13, RedTacton dengan Media Kaca dan Dinding

Water.jpg

Gambar 14, RedTacton dengan Media Air

Wood.jpg

Gambar 15, RedTacton dengan Media Kayu

Tires.jpg

Gambar 16, RedTacton dengan Media Body Kendaraan dan Ban

Surface on the body.jpg

Gambar 17, RedTacton dengan Media Baju, Sepatu, Tas, dll

Sebuah lingkungan komunikasi dapat diciptakan dengan mudah dan pada biaya rendah dengan menggunakan barang-barang di dekatnya, seperti meja, dinding, dan benda logam.

7. Bidang Aplikasi RedTacton

7.1. One to One Service

Aktifkan satu-ke-satu layanan yang disesuaikan dengan situasi pengguna dan selera.

o Atribut informasi yang dicatat dalam perangkat RedTacton dikirim ke obyek yang disentuh.

o Layanan yang tepat diberikan berdasarkan informasi atribut dapat diterima oleh RedTacton Reciver

o Tertanam perangkat RedTacton pada botol obat yang mengirim informasi mengenai atribut obat-obatan. Jika pengguna menyentuh pada obat yang salah maka alarm akan memberitahukan pada terminal yang dia bawa.

7.2. Intuitive Operation and Instant Private Data Exchange

Gerakan dan tindakan alami adalah pemicu. Tidak ada "operasi" lagi, Hanya intuitif interaksi manusia.

o RedTacton transceiver tertanam di dua terminal dan dapat berkomunikasi tidak hanya data, namun juga kontrol atau petunjuk konfigurasi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan perangkat.

o Sambungan kabel tidak lagi digunakan. Tubuh itu sendiri yang digunakan sebagai media transmisi data.

Touch a printer.gif

Gambar 18, Touch a Printer

o Mencetak hanya dengan menyentuh printer yang dikehendaki dengan satu tangan dan sebuah PC atau kamera digital dengan pihak lain untuk membuat link.

o Mengurangi konfigurasi yang rumit dengan perangkat, dapat melakukan download driver pada sentuhan pertama.

Contoh lain :

o Tampilan layar PC notebook proyektor hanya dengan sentuhan

o Transfer lagu ke pemutar musik portabel dari notebook PC hanya dengan sentuhan

Instant private data excange.gif

Gambar 19, Instant Private Data Exchange

o Dengan berjabat tangan, profil pribadi data dapat dipertukarkan antara terminal mobile pada pengguna. (Electronic pertukaran kartu nama)

o Komunikasi dapat tetap private menggunakan teknologi otentikasi dan enkripsi

Contoh Lain:

o Grup foto yang diambil dengan kamera digital yang langsung ditransfer ke ponsel masing-masing terminal.

o Diagram ditulis di papan putih selama pertemuan akan ditransfer ke terminal mobile individu di tempat.

7.3. Personalization

Gaya hidup digital dapat langsung dipersonalisasi hanya dengan sentuhan.

o Sebuah skrip rekaman konfigurasi dapat ditanamkan dalam terminal mobile dengan built-in RedTacton transceiver.

o Ketika perangkat lain yang memiliki kemampuan RedTacton telah disentuh maka personalisasi data dan konfigurasi skrip dapat didownload secara otomatis.

personalization of mobile phone.gif

Gambar 20, Personalization of Mobilephone

Secara otomatis pengguna ponsel dapat mengimpor personal address book dan call history.

Contoh Lain:

o PC dikonfigurasi untuk spesifikasi pengguna hanya dengan menyentuh mouse

o Suhu kamar dan pencahayaan yang disesuaikan bila beralih di ruang ditekan.

7.4. New Behavior Pattern

Berbagai konduktor dan media dielektrik lain dapat digunakan sebagai media komunikasi RedTacton, dan ini memiliki potensi untuk menciptakan pola-pola perilaku baru.

Conferencing System.gif

Gambar 21, RedTacton Conferencing System

o Sebuah lembar konduktif listrik tertanam dalam meja.

o Sebuah koneksi jaringan dimulai hanya dengan menempatkan satu lap-top di meja.

o Menggunakan pola sheet yang berbeda memungkinkan segmentasi meja ke dalam subnet.

Contoh lain:

o Dinding dan partisi dapat digunakan sebagai media komunikasi, menghilangkan konstruksi untuk memasang kabel listrik dan jaringan komputer.

o Jaringan ad hoc dapat dimungkinkan hanya dengan menggunakan semprotan cairan konduktif.

7.5. Security Application

Otentikasi pengguna otomatis dan log-in dengan hanya sebuah sentuhan

o ID dan hak akses direkam dalam perangkat RedTacton mobile.

o Menyesuaiakn RedTacton receiver yang dipasang di titik-titik pemeriksaan keamanan

o Sistem dapat memberikan otentikasi dan catatan siapa saja yang menyentuh perangkat kapanpun.

User verification lock system.gif

Gambar 22, User Verification Lock System

o Mobile RedTacton membawa perangkat berkemampuan dalam satu saku, ID diverifikasi dan pintu terkunci bila pengguna memegang gagang pintu.

o Administrasi kunci aman memungkinkan dengan menggabungkan alat verifikasi pribadi seperti sidik jari biometrik ID atau lainnya di terminal mobile.

Contoh lain:

o Pintu mobil otomatis mengunci / membuka kunci hanya dengan menyentuh pegangan; membuka sebuah sepeda hanya dengan duduk di atasnya.

Confidential document management.gif

Gambar 23, Confidential Document Management

o Sebuah penerima RedTacton di dalam lemari di mana dokumen-dokumen penting disimpan dapat dikunci menggunakan administrasi keamanan dan menyimpan catatan siapa yang mengakses dokumen dan kapan dokumen diakses.

Contoh Lain:

o Manajemen reservasi kursi dengan memverifikasi bahwa orang yang tepat di kursi yang tepat.

o Log dan verifikasi dari orang yang menyentuh terminal.

7.6. Communication with New Domain

Potensi untuk digunakan sebagai metode komunikasi di luar angkasa dan di bawah air.

8. Perbandingan dengan Teknologi Jaringan Lain

Grafik di bawah ini menunjukkan posisi RedTacton sehubungan dengan teknologi komunikasi yang ada. Fokus pada layanan di mana-mana telah membawa tentang pemendekan jarak dalam komunikasi. RedTacton diposisikan sebagai solusi 1m terakhir akhir komunikasi jarak dekat. Menciptakan komunikasi nirkabel koneksi ketika sinyal tiba, memungkinkan untuk koneksi mudah karena konektor tidak diperlukan. Namun, dilihat dari aspek lain, yang tiba sinyal dapat dicegat, sehingga keamanan menjadi isu. Komunikasi wired mentransmisikan data antara dua titik sambungan, sehingga penangkapan sulit dan keamanan dapat dianggap tinggi. Namun, konektor dan kabel yang mengganggu. Mengambil poin di atas di account, terletak RedTacton langsung antara nirkabel dan kabel komunikasi. Dengan kata lain, RedTacton memungkinkan koneksi mudah tanpa konektor, sementara pada saat yang sama memungkinkan transmisi data hanya antara dua titik kontak. Dengan demikian memiliki fitur yang sulit untuk mencegat.

Optical Communication

Gambar 24, Optical Communication

9. Perbandingan dengan Teknologi Human Area Network

“Intrabody Communication” dengan menggunakan tubuh manusia sebagai media transmisi telah dilaporkan, tetapi medan listrik / metode yang digunakan oleh Photonics RedTacton lebih unggul daripada metode konvensional dalam hal komunikasi jarak, kecepatan, dan interaktivitas.

P: Possible
N: Not possible
P*: Possible under certain conditions


Signal &
Detection
system

Ground line

Distance &
speed

Duplex communication

Contact status with

the electrode



Between
mobile
terminals

Between mobile terminals and external equipment



Amperage
electric

Clear signal lines needed for body and earth ground

Elbow to fingertip at approx. 3kbps

N

P*

The electrode must be in constant contact with the body to maintain good conductivity



Voltage
electric

Capacity coupling between the earth ground and equipment

Wrist to fingertip at approx. 1kbps

P*

P*

Communication possible even when passing through thin insulators



Electric field
electric (RedTacton)

Capacity coupling between the earth ground and equipment

Anywhere on the body at 230kbps

P

P

Communication possible even through shoes and clothing



Electric field
photonics (RedTacton)

Capacity coupling between the earth ground and equipment

Anywhere on the body at up to 10Mbps

P

P

Communication possible even through shoes and clothing


RedTacton tidak membutuhkan elektroda secara kontak langsung dengan kulit. Jalur komnunikasi berkecepatan tinggi yang memungkinkan antara dua titik pada tubuh. Dengan metode ampere listrik, memerlukan sinyal yang jelas dan jalur grounding. Dengan metode tegangan listrik, kapasitas coupling dapat pengganti. Oleh karena itu, elektroda tidak harus berada dalam kontak langsung dengan kulit

RedTacton vs HAN

Gambar 25, RedTacton vs HAN

10. Kenyamanan Sistem

RedTacton memenuhi standar untuk stasiun nirkabel arus lemah sebagaimana yang ditetapkan oleh peraturan telekomunikasi Jepang ( "stasiun nirkabel yang tidak memerlukan lisensi," Penegakan Hukum Peraturan Radio Bab 2, Bagian 1 Pasal 6).

System Safety

Gambar 26, System Safety


Daftar Pustaka

(1) T. G. Zimmerman, “Personal Area Networks: Near-field intrabody communication,” IBM Systems Journal, Vol. 35, Nos. 3&4, pp. 609-617, 1996.

(2) http://www.redtacton.com

(3) http://www.ntt.co.jp/news/news05e/0502/050218.html

14

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-prisip Desain Tipografi

Desain Tipografi Dalam suatu karya desain, semua elemen yang ada pada void (ruang tempat elemen - elemen desain disusun) saling berkaitan. Tipografi sebagai salah satu elemen desain juga mempengaruhi dan dipengaruhi oleh elemen desain yang lain, serta dapat mempengaruhi keberhasilan suatu karya desain secara keseluruhan. Penggunaan tipografi dalam desain komunikasi visual disebut desain tipografi.     Tulisan tangan adalah sederetan tanda - tanda yang mempunyai arti dan dibuat dengan tangan. Komponen dasar daripada tipografi adalah huruf (letterform), yang berkembang dari tulisan tangan (handwriting). Berdasarkan ini, maka dapat disimpulkan bahwa tipografi adalah sekumpulan tanda - tanda yang mempunyai arti. Penggunaan tanda - tanda tersebut baru dapat dikatakan sebagai desain tipografi apabila digunakan dengan mempertimbangkan grapic clarity dan prinsip - prinsip tipografi yang ada.     Ada empat buah prinsip pokok tipografi yang sangat mempengaruhi keberhasilan suatu desain tip

30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis

Inilah 30 Font Tipografi Berkualitas untuk Desain Korporasi Bisnis. Bingung dan mumet mencari-cari font-font bagus untuk kebutuhan  tipografi  desain korporasi bisnis kustomer anda? Ribuan font tersedia dari gratisan hingga berbayar. Memang mendesain untuk kebutuhan perusahaan atau industri bisnis yang meliputi identity branding hingga produk memang membutuhkan kerja keras, waktu dan kesabaran.  Pun demikian halnya akan elemen-elem desain yang berkualitas sebagai bahan desainh terhadap perusahaan dan industri bisnis. Bentuk penulisan atau typeface yang baik, cantik dan elegan bukan merupakan hal mudah untuk diinspirasikan.  Sedikit sekali font-font yang gratisan bisa ngefek terhadap tampilan dan melahirkan nuansa profesional. Itupun dengan usaha/ proses desain yang teliti susah payah. Bekerja dengan hal gratisan dan berharap mendatangkan output desain korporasi yg apik seolah kita para desainer grafis bekerja hingga otak ini dipaksa bekerja mendetail. 30 Font Tipografi Berkualitas

Modus Phising pada Situs Jejaringan Sosial (friendster/facebook)

Sudah tidak asing lagi di dunia internet sebuah layanan yang terkenal dijadikan sarana untuk melakukan tindakan kejahatan, salah satunya adalah phising. Dari dulu sampai sekarang sudah banyak kegiatan itu yang menggunakan layanan seperti facebook, friendster, tagged, myspace dll. Phising adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti posnel atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (’memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna, Phising juga didefinisikan sebagai sebuah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian